Perishable food




PERISHABLE FOOD



MUHAMMAD BASKORO BASRI 
P0.71.3.221.11.1.051

II.B

 POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES MAKASSAR
JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN
DIPLOMA III
2013

PERISHABEL FOOD
Makanan yang mudah basi adalah mereka cenderung merusak, membusuk atau menjadi tidak aman untuk dikonsumsi jika tidak disimpan dalam lemari es pada 40 ° F (4,4 ° C) atau di bawah atau beku pada 0 ° F (-17,8 ° C) atau di bawah. Contoh makanan yang harus disimpan dalam lemari es untuk keselamatan termasuk daging, unggas, ikan, produk susu, dan semua sisa dimasak. Pendinginan memperlambat pertumbuhan bakteri dan pembekuan berhenti itu. Ada dua keluarga yang sama sekali berbeda dari bakteri yang dapat pada makanan: bakteri patogen, jenis yang menyebabkan penyakit bawaan makanan, dan bakteri pembusukan, jenis bakteri yang menyebabkan makanan memburuk dan mengembangkan bau yang tidak menyenangkan, rasa, dan tekstur.
Makanan yang mudah basi adalah makanan seperti daging segar, seafood, dan buah-buahan matang. Sementara tidak tahan lama adalah barang yang tidak merusak atau busuk .... misalnya; makanan kaleng, jenis pasta semua, gula, tepung, ikal (dan chip jika udara-disegel), rempah-rempah tidak tahan lama non juga.
Makanan yang mudah basi adalah APAPUN makanan yang akan memanjakan, membusuk, pergi buruk sangat cepat, seperti dalam beberapa jam. Sebagian besar makanan yang mudah rusak (mati cepat) bahkan tidak akan bertahan beberapa jam tanpa pendinginan atau pembekuan. Susu, keju cottage, krim asam, es krim, daging, daging babi, ayam, cukup banyak makanan yang mudah rusak adalah apa pun yang Anda biasanya akan tetap dalam lemari es atau freezer selama beberapa hari, jika tidak, jika Anda meninggalkannya keluar, itu akan pergi buruk. Non-tahan lama adalah makanan kering dan kaleng, kadang-kadang sayuran.
Penanganan produk pasca pengolahan sangat penting karena berkaitan dengan perubahan kualitas produk dan masa simpan.  Meskipun produk telah diolah sedemikian rupa pada beberapa tahapan yang keseluruhannya bertujuan meningkatkan stabilitas, sehingga kemungkinan masih bisa terjadi perubahan kualitas.  Perubahan-perubahan tersebut umumnya mengarah ke kerusakan, dapat memperpendek masa simpan serta meningkatkan resiko keamanan bagi konsumen.  Pangan hewani yang terdiri atas produk hasil peternakan dan perikanan berupa daging, susu dan telur serta produk olahannya  merupakan produk yang sangat mudah rusak (perishable).  Kerusakan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain :
  1. Kerusakan yang sangat ditentukan oleh sifat alamiah dari produk seperti perubahan fisik dan perubahan oleh pengaruh mikrobiologi, kimia  dan biokimia.
  2. Kerusakan yang tergantung pada kondisi lingkungan seperti kerusakan mekanis (benturan, gesekan dan lainnya), perubahan kadar air, absorbsi dan interaksi dengan oksigen dan kehilangan atau perubahan cita rasa.  Kerusakan seperti ini umumnya dapat dicegah dengan perlindungan menggunakan kemasan.
Resiko kerusakan pangan akibat faktor yang bersifat alamiah seperti kimia dan biokimia dapat dicegah dengan pengawetan dan pengolahan.  Pendinginan dan pembekuan sebagai cara pengawetan pangan dapat menurunkan atau menghentikan  reaksi biokimia dalam bahan pangan, sehingga perubahan kimia lebih lanjut dapat dikurangi.  Dengan cara ini perkembangan mikroorganisme perusak juga dapat dikendalikan (Dwijoseputro, 1994).

Opmerkings

Gewilde plasings van hierdie blog

PROPOSAL KEGIATAN FOGGING ”MENCEGAH TERJADINYA DBD DENGAN MELAKUKAN PENYEMPROTAN FOGING DI DESA TAULO KEC. ALLA KAB. ENREKANG”

LAPORAN PEMERIKSAAN BERAT JENIS SAMPAH, KOMPOSISI SAMPAH, KADAR AIR SAMPAH DAN KADAR VOLATIL SAMPAH